Mar 28, 2010

Review Blackberry Javelin 8900


LAYAR
Layar Curve 8900 cukup besar yakni 50 x 38 mm. Dengan ukuran fisik seperti itu, tiga baris menu ikonik berisi masing-masing baris 6 buah menu, bisa tertampung. Untuk menggerakkan menu ke bawah tersedia trackball yang nyaman digunakan. Penggunaan transmissive TFT -yang juga dipakai oleh 95% populasi notebook di dunia- membawa pengaruh pada kualitas gambar yang ditayangkan baik foto maupun video.

Pengujian : Mengeksplorasi menu-menu yang ada di dalam ruangan dengan cahaya lampu maupun di luar ruangan dengan cahaya matahari.

AUDIO
Ini salah satu fitur unggulan di Curve 8900. Beragam format file audio bisa disetel di player music seperti MP3, MIDI, AMR-NB, Profesional AAC/AAC+/eAAC+, WMA9, WMA9 PRO dan WMA10. Alunan musik yang keluar dari speaker ganda terasa nikmat di telinga, dengan pengaturan efek bass dan treble yang pas. Curve 8900 juga menyediakan akses ke headset bluetooth A2DP.

KAMERA

Bekal kamera 3,2 Mpix membuat pengguna Curve 8900 bisa leluasa mengeksplorasi fitur fotografi. Sejumlah fasilitas menyertai fitur kamera ini seperti flash, white balance, kontras, zoom, hingga brightness. Sama seperti kamera ponsel pada umumnya, penggunaan maksimal akan diperoleh ketika kita memotret di luar ruangan dengan pencahayaan cukup. Sewaktu digunakan untuk memotret menggunakan flash dengan cahaya lampu di malam hari, efek terang karena flash tidak merata dan hanya berkumpul di tengah-tengah obyek.

VIDEO

Selain memotret, kita bisa merekam video dengan kamera 3,2 Mpix tersebut. Resolusi maksimal yang bisa diset adalah 240 x 180 pixels. Dari pengujian, hasil rekam video termasuk halus, nyaris tak ada delay. Yang lebih istimewa adalah fasilitas pemutar video di Curve 8900 terbilang komplet memutar beragam file dari DivX 4, DivX 5/6, XviD, MPEG4, WMV3, hingga H.263. Hasilnya tak kalah bila dibandingkan kita menyetel di laptop keluaran terbaru.

MESSAGING
Kekuatan BlackBerry pada fasilitas messaging tetap dihadirkan di Curve 8900. Selain SMS dan MMS, fasilitas email dan push email juga dengan mudah digunakan lewat peranti ini. Aplikasi untuk pekerjaan kantoran yang sudah dibenamkan yakni Document To Go untuk file .doc, .xls, dan .ppt. Dengan fasilitas ini kita bisa gampang membuka, membuat dan mengedit file dari ponsel cerdas ini. Untuk pesan instan, dari Curve 8900 yang diuji coba baru tersedia aplikasi BlackBerry Messenger. Sedangkan aplikasi pesan instan lain belum terinstal.

INTERNET

Akses internet leluasa berkat dukungan browser yang mengadopsi HTML plus RSS. Dengan dukungan itu, beragam situs di internet bisa dibuka sebaik apa yang ditampilkan di laptop atau komputer. Sayangnya, karena tidak menggunakan teknologi 3G, kita hanya bisa tersambung ke koneksi data operator lewat EDGE dan GPRS saja.

KONEKTIVITAS

Curve 8900 melengkapi diri dengan koneksi nirkabel via bluetooth dan Wi-Fi/WLAN 802.11b/g. Sementara untuk bertukar data dengan komputer, peranti ini juga dilengkapi dengan kabel mini USB. Koneksi mini USB ke USB ini bisa sekaligus untuk charging dan sinkronisasi data lewat BlackBerry Desktop Manager.
Pengujian : Mengirim file MP3 ke dalam memori Curve 8900 melalui kabel data.

MEMORI

Curve 8900 dilengkapi dengan flash memory 256 Mb dan dukungan memori eksternal jenis micro SD. Sifat memori eksternal ini hot swap, tetapi sayang kalau akan memasukkan kartu kita harus membuka casing baterai terlebih dulu karena tak ada slot yang bisa diakses dari pinggir peranti ini.
Pengujian : Memasukkan file MP4 ke dalam kartu memori.

Kinerja
Ujicoba BlackBerry Curve 8900 menunjukkan kinerja di atas rata-rata. Ini terbukti saat pekerjaan multitasking dilakukan, yakni mendengarkan musik, mengedit dokumen, sekaligus membuka aplikasi lain, performa Curve 8900 tetap baik. Penggunaan prosessor 512 MHz dan 256 Mb Flash Memory menyebabkan tenaga Curve 8900 mencukupi.

Kinerja Baterai
Data Vendor
Penggunaan baterai 1400 mAh mampu membuat Curve 8900 bertahan hingga 5,5 jam waktu bicara dan 14,5 jam waktu siaga.

No comments:

Post a Comment

Hello SILENT READER ☺ Leave a comment please❤